MEMULAI DARI HAL KECIL

OLEH : IR. H. SUTOPOH, MM

Perasaan dan keinginan yang tergesa-gesa merupakan sifat dasar manusia, sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al Israa’ : 11

وَيَدْعُ الْإِنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاءَهُ بِالْخَيْرِ وَكَانَ الْإِنْسَانُ عَجُولًا (11)

[17:11] Dan manusia mendo’a untuk kejahatan sebagaimana ia mendo’a untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.
Dalam kehidupan kita sehari-hari banyak kita lakukan dengan tergesa-gesa yang akan menghasilkan hasil yang kurang optimal, bahkan sebagian menggapai sesuatu tidak melalui proses yang benar semua dilakukan secara instan, dapat kita lihat dalam keseharian seperti ketika kita sholat, mencari nafkah, ketika bekerja dan sebagainya.

Sikap tergesa gesa berbeda dengan tindakan yang cepat, tergesa-gesa biasanya dilakukan tanpa analisa dan perencanaan sedangkan tindakan yang cepat dilakukan dengan perencanaan dan analisa resiko tindakan secara matang . setiap orang memiliki potensi melakukan secara tergesa-gesa tergantung dari kebiasaannya.
Beberapa kerugian dapat dirasakan apabila kita tidak melatih untuk selalu tidak tergesa-gesa, bahkan bisa kehilangan nyawa kita, sebagai contoh yang dapat kita saksikan setiap hampir setiap hari adalah sikap Pengendara Motor, mereka tidak lagi memperhatikan diri sendiri apalagi orang lain, keinginan cepat sampai tujuan mengabaikan keselamatan, saling menghargai ,sopan santun bahkan lebih mengedepankan rasa emosi yang berlebihan, jadi tidaklah heran bila kita sering menyaksikan pemandangan orang berkelahi karena berkendara dan yang sangat miris angka kematian yang tinngi karena kecelakaan , di Indonesia rataan 120 jiwa setiap hari atau 5 orang setiap jam atau 12 menit 1 jiwa melayang karena kecelakaan dijalan.
Beberapa tips untuk terhindar dari sikap tergesa-gesa :
1. Banyak banyak BERSYUKUR, karena dengan bersyukur kita bisa membatasi keinginan yang terus menerus dan dapat menikmati apa yang sudah diperoleh.
2. Melakukan sesuatu LEBIH AWAL agar tidak terlambat atau PERENCANAAN yang lebih matang
3. Membiasakan berpikir DAMPAK yang akan didapat
4. Berlatihlah dengan PERNAPASAN dengan menarik napas, tahan napas lalu hembuskan secara perlahan.
5. Memulai dari HAL KECIL
MEMULAI DARI HAL KECIL
Kebiasaan memulai dari hal kecil adalah kunci kesuksesan seseorang, “Sukses adalah akumulasi dari usaha-usaha kecil, yang dilakukan secara berulang-ulang.”
– Robert Collier – Mimpi bolehlah besar dan tinggi tapi harus dibarengi dengan tindakan yang dimulai dari yang kecil, misal kita ingin memiliki Rumah mewah tentu harus dimulai dengan menabung sedikit demi sedikit sehingga pada waktunya nanti kita dapat memiliki Rumah Mewah tersebut.
Membiasakan memecah menjadi bagian bagian yang lebih kecil, misalnya ingin bangun jam 4 pagi, sedangkan kebiasaan kita bangun jam 6 , maka dimulailah dari bangun jam 5.45 seminggu kemudian 5.30 , seminggu kemudian 5. 15 begitu seterusnya hingga terbiasa bangun jam 4 pagi.
Perlu diketahui bahwa merubah sesuatu menjadi lebih baik perlu pengorbanan dan perasaan yang kurang nyaman namun pada akhirnya akan membawa kesuksesan dikemudian hari.
Mulailah dari hal kecil yang akan berdampak pada Perubahan Hidup yang lebih besar. Semoga…………………………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>